Lowongan Kerja Bank Indonesia Tahun 2021

Posted on

Rekrutmen Kerja Bank Indonesia Terbaru April 2021 | Assalamualaikum sobat loker semua, bagaimana puasa ramadhan hari ini? mimin doakan semoga semuanya diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini, amiinn. Hari ini mimin dapet informasi menarik seputar lowongan kerja Bank Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bersama Bank Indonesia (BI) adalah bank sentral Republik Indonesia. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yakni mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Hari ini Bank Indonesia kembali membuka kesempatan kerja kepada para putra putri terbaik bangsa untuk mengikuti seleksi kerja di Bank Indonesia.

 

lowongan kerja bank indonesia terbaru tahun 2021

Seluruh proses rekrutmen kerja di Bank Indonesia sama sekali tidak dipungut biaya apapun (GRATIS) mohon untuk selalu berhati-hati apabila ada pihak yang mengatasnamakan Bank Indonesia dan meminta sejumlah uang dalam proses rekrutmen kerja ini sudah bisa dipastika itu adalah PENIPUAN. Mohon untuk soabt semua selalu berhati-hati dan cek kembali apabila ada pesan yang mencurigakan.

Lowongan Kerja Bank Indonesia Tahun 2021

sekilas mengenai Bank Indonesia. Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dimulai ketika sebuah undang-undang baru, yait​u UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, dinyatakan berlaku pada tanggal 17 Mei 1999 dan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 6/ 2009. Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan Pemerint​​ah dan/atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini.

Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga. Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien. [sumber]

Info Karir Bank Indonesia Tahun 2021

berikut adalah posisi lowongan kerja yang tersedia

Ahli Akuntansi Syariah (Asisten Manajer)

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Pendidikan minimal S2 jurusan Ilmu Akuntansi, diutamakan yang memiliki spesifikasi akuntansi syariah.
  • Usia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  • Diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Persyaratan Pengalaman dan Keahlian:

  • Memiliki pengalaman bekerja minimal 4 tahun diutamakan di bidang keuangan syariah, konsultansi keuangan syariah, atau audit ekonomi/keuangan syariah.
  • Memiliki pengalaman dalam menyusun pedoman pencatatan yang sesuai dengan sharia accounting standard/compliance terkait dengan instrumen, produk, dan transaksi dalam rangka pendalaman pasar keuangan syariah, baik pasar keuangan syariah komersial, sosial, dan integrasi keduanya, termasuk transaksi keuangan digital.
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan audit/due diligence atau memberikan advis terkait dengan sharia accounting compliance atas suatu instrumen, produk, atau transaksi.
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan kajian dan penelitian/riset kebijakan serta menyusun policy action recommendation untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan analisa, asesmen, dan review data/informasi/laporan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka menyusun rekomendasi kebijakan.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam hal produk-produk dan akad pada keuangan syariah, akuntansi dan pelaporan keuangan, analisa laporan keuangan, keuangan Pemerintah dan Perusahaan, sistem keuangan konvensional dan syariah.
  • Diutamakan memiliki sertifikasi dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).
Baca Juga:  Lowongan Kerja Bank Sinarmas Wilayah Bandung

Deskripsi Pekerjaan :

  • Menyusun dan mengevaluasi kebijakan/peraturan pasar keuangan syariah terkait dengan sharia accounting compliance serta merekomendasikan pencatatan yang sesuai dengan standar akuntansi syariah atas instrumen, produk, dan transaksi dalam rangka pendalaman pasar keuangan syariah, baik pasar keuangan syariah komersial, sosial, dan integrasi keduanya, termasuk transaksi keuangan digital.
  • Melakukan review atas data, informasi dan laporan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah serta Melakukan asesmen dan analisa kebutuhan pengembangan data, informasi dan laporan untuk mengembangkan sektor keuangan komersial syariah, sektor sosial syariah, dan integrasi keduanya, termasuk keuangan berbasis digital.
  • Menyusun dan merancang advis terkait asesmen untuk implementasi program Islamic Financial Sector Assesment Program (IFSAP).
    Melakukan kajian dan penelitian/riset kebijakan serta menyusun policy action recommendation untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
  • Memberikan advis pencatatan transaksi yang memenuhi sharia accounting compliance terkait dengan program pendalaman pasar keuangan syariah untuk pemangku kepentingan.
  • Menyusun pedoman riset dan menyusun, melaksanakan, memantau, mengevaluasi pilot project pengembangan skema pembiayaan syariah (pembiayaan komersial, sosial, dan integrasi keduanya), termasuk pola/mekanisme koordinasi, serta melakukan koordinasi dengan KPwDN dan otoritas terkait.
  • Menyusun dan mengimplementasikan program peningkatan pemahaman publik terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

Ahli Fiqih Islam (Asisten Manajer)

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Pendidikan minimal S2 jurusan Ilmu Fiqih Islam.
  • Usia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  • Komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Khusus kemampuan Bahasa Arab dibuktikan dengan Skor TOAFL (Test of Arabic as Foreign Languange).

Persyaratan Pengalaman dan Keahlian:

  • Memiliki pengalaman bekerja minimal 4 tahun di bidang ekonomi dan/atau keuangan atau lembaga konsultansi ekonomi/keuangan syariah.
  • Memiliki pengalaman dalam menyusun strategi kebijakan atau menyusun rekomendasi policy action tekait dengan pengembangan produk keuangan syariah (baik sektor keuangan komersial syariah, sektor sosial syariah, atau integrasi keduanya).
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan review atau due diligence atas pemenuhan aspek syariah terhadap suatu produk, transaksi, kontrak /perjanjian/ akad, atau prosedur.
  • Memiliki pengalaman dalam bidang riset kebijakan, kajian/analisa, asesmen, atau market review.
  • Memiliki pengalaman dalam menyusun dan memberikan usulan, terutama dari sisi pemenuhan aspek syariah.
  • Menguasai ilmu fikih dalam bidang ibadat, muamalat, munakahat, jinayat, ahkam as sulthaniyah, ijtimaiyah (wakaf).

Deskripsi Pekerjaan :

  • Menyusun, mengimplementasikan dan memantau pelaksanaan strategi pendalaman pasar keuangan syariah, baik sektor keuangan komersial syariah, sektor sosial syariah, dan integrasi keduanya, terutama dari sisi pemenuhan aspek syariah.
  • Menyusun rekomendasi policy action untuk pengembangan pendalaman pasar keuangan syariah.
  • Melakukan review pemenuhan aspek syariah pada kebijakan/ketentuan Bank Indonesia terkait dengan pendalaman pasar keuangan syariah dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta melakukan koordinasi dengan otoritas terkait.
  • Menyusun kebijakan/peraturan pasar keuangan syariah.
  • Melakukan market review/asesmen dan riset kebijakan untuk pendalaman pasar keuangan syariah.
  • Menyusun dan mengimplementasikan program peningkatan pemahaman publik terhadap pasar keuangan syariah.
  • Menyusun, menyediakan dan melakukan advis yang berkaitan dengan program pendalaman pasar keuangan syariah untuk pemangku kepentingan, terutama dari sisi pemenuhan aspek syariah.
  • Melakukan dan mengimplementasikan kerangka pengembangan pasar keuangan syariah mencakup antara lain: pengembangan instrumen, mekanisme transaksi, basis investor, dan infrastruktur pendukung, termasuk transaksi keuangan berbasis digital, berkoordinasi dengan satker dan otoritas terkait lainnya.

Ahli Keuangan Islam (Asisten Manajer)

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Pendidikan minimal S2 jurusan Ilmu Ekonomi, Bisnis, Manajemen. Diutamakan yang mempunyai spesialisasi di bidang Ekonomi/Bisnis/Manajemen syariah.
  • Usia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  • Diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.
Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Nippon Indosari Corpindo Wilayah Jakarta

Persyaratan Pengalaman dan Keahlian:

  • Memiliki pengalaman bekerja minimal 4 tahun diutamakan dibidang ekonomi keuangan syariah, konsultansi ekonomi/ keuangan syariah, audit keuangan syariah, atau treasury di multinational company/institusi keuangan syariah.
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan market review/asesmen dan riset kebijakan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, terutama di sektor keuangan komersial, sosial, dan integasi keduanya, termasuk keuangan berbasis digital.
  • Memiliki pengalaman menganalisis dan membuat laporan transaksi pasar keuangan syariah secara umum maupun khusus/case based (seperti kinerja instrumen pasar uang syariah, simulasi instrumen, forecasting pasar uang syariah, perilaku pelaku pasar, trading, likuiditas pasar).
  • Memiliki pengalaman dalam mengompilasi dan mengolah data pasar keuangan syariah.
  • Memiliki pengalaman dalam memberikan advis yang berkaitan dengan program pendalaman pasar keuangan syariah dan pengembangan ekonomi syariah terkait dengan manajemen risiko.
  • Memiliki pengetahuan mengenai produk-produk keuangan syariah, behavioral finance, manajemen likuiditas, pasar Likuiditas (uang) syariah, pasar Modal, pasar uang Rupiah, portofolio management syariah, dan risk management.
  • Diutamakan memiliki sertifikat CFA dan FRM minimal level 1.

Deskripsi Pekerjaan :

  • Melakukan market review/asesmen dan riset kebijakan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
  • Melakukan kajian pengembangan pasar keuangan syariah, baik sektor keuangan komersial, sosial, dan integasi keduanya, termasuk keuangan berbasis digital.
  • Mengompilasi dan mengolah data pasar keuangan syariah.
  • Menganalisis transaksi dan pasar keuangan syariah secara umum maupun khusus (case basis) seperti kinerja instrumen pasar uang syariah, simulasi instrumen, forecasting pasar uang syariah.
  • Mengonfirmasi isu/temuan analisa ke sumber data dan pelaku pasar keuangan.
  • Menyiapkan laporan analisa pasar keuangan syariah yang mencakup: analisa pelaku pasar, trading, likuiditas pasar dan pelaksanaan/kepatuhan pelaku pasar terhadap ketentuan BI.
  • Memberikan advis yang berkaitan dengan program pendalaman pasar keuangan syariah dan pengembangan ekonomi syariah untuk pemangku kepentingan terkait dengan manajemen risiko.
  • Menyusun dan mengimplementasikan program peningkatan pemahaman publik terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

Asset & Configuration Management (Asisten Manajer)

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Pendidikan minimal S1 jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Industri.
  • Usia maksimal 35 tahun per tanggal 19 April 2021.
  • Lebih diutamakan memiliki kemampuan bahasa Inggris (reading, listening) yang baik dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Persyaratan Pengalaman dan Keahlian:

  • Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun untuk perusahaan skala sedang dan besar dan diutamakan terkait industri digital seperti banking, telco dan e-commerce.
  • Memiliki pengalaman dalam menyusun dan mengelola Configuration Management Database (CMDB), Configuration Item (CI), dan Service Model.
  • Memiliki pengalaman dalam menggunakan tools CMDB antara lain BMC Remedy dan Service Now.
  • Memiliki pengetahuan dalam konsep ITSM (ITIL), khususnya service asset and configuration management.
  • Memilik pengetahuan operasional tools CMDB seperti BMC Remedy.
  • Memiliki minat sebagai Asset & Configuration Management.
  • Lebih diutamakan memiliki sertifikasi di bidang IT Asset Management.

Deskripsi Pekerjaan :

  • Mengelola, pendistribusian, dan penarikan aset SI.
  • Menyusun, memelihara, dan mengkinikan service model dan Configuration Management Data Base (CMDB) layanan SI kritikal dan non kritikal di Bank Indonesia diantaranya terkait bidang Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah
  • Melaksaanakan audit untuk memeriksa akurasi CMDB dengan CI yang relevan yang existing serta memvalidasi kesesuaian Service Model yang tersedia.

Tata cara pendaftaran rekrutmen kerja Bank Indonesia

bagi yang tertarik untuk melakukan registrasi kerja silahkan klik link berikut ini: DAFTAR

Demikianlah informasi mengenai lowongan kerja Bank Indonesia yang bisa mimin sampaikan kepada kalian semua hari ini, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Nantikan update kabar lowongan kerja terbaru hanya di Kabarkerja.my.id. Stay safe dan salam sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *